Solusi Harga Masker Mahal, Yuk Simak Cara Mudah Membuat Masker Kain Katun - The Draft Band

Latest

Rabu, 10 Juni 2020

Solusi Harga Masker Mahal, Yuk Simak Cara Mudah Membuat Masker Kain Katun

Masa pendemi covid 19 telah berjalan hampir selama 3 bulan dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Indonesia menjadi salah satu negara dengan kasus pasien yang cukup tinggi di Asia Tenggara. Pemerintah telah mengambil berbagai langkah untuk mengurangi atau memutus mata rantai penyebaran virus. Selain itu, setiap orang tentu harus ambil peran serta, seperti selalu memakai Masker kain. Yuk intip caranya di sini!


Cara Mudah Membuat Masker dari Kain Katun
1. Pemilihan Bahan
Kain katun diambil sebagai bahan utama karena ciri kain yang sangat nyaman saat dipakai. Kain ini banyak digunakan untuk menjadi pakaian karena seratnya yang halus, sehingga sangat nyaman dipakai sehari hari. Terutama dipakai di negara tropis, seperti Indonesia yang memiliki iklim cukup panas selama beberapa waktu. Kain jenis ini berasal dari benang kapas yang dapat menyerap keringat secara maksimal, sehingga tidak merasa gerah di siang hari.

Kain katun yang digunakan untuk membuat masker ini dapat dipilih sesuai dengan warna yang anda sukai. Selain itu, siapkan pula kardus yang berfungsi untuk membuat pola dan karet tali di masker kain yang diinginkan. Karet tali yang dipilih usahakan membuat anda nyaman saat memakai masker. Selain itu, siapkan pula penggaris dan pensil untuk membuat pola serta pin, jarum, gunting, dan benang untuk menjahit masker yang telah dipotong.

2. Cara Membuat Masker
Siapkan kain katun dengan panjang 18 cm, tinggi tengah 13 cm, dan tinggi samping 6 cm untuk menjadi sebuah masker. Buatlah pola di atas kardus dengan ukuran yang sesuai dengan wajah anda, kira kira tinggi masker 12 cm dan panjang masker 18 cm. Setelah pola siap, anda dapat menggunting sesuai pola di atas kardus tersebut. Pola yang telah siap letakkan di atas kain dan gunting kain mengikuti pola yang telah anda buat, sehingga bentuknya sesuai,

Yang perlu diingat dalam membuat masker kain adalah berilah ukuran yang lebih panjang di setiap sisinya agar dapat dijahit. Anda dapat memberi sepanjang 0,5 sampai 0.7 cm di bagian atas dan bawah. Sedangkan di bagian kanan dan kiri sebanyak 1.5 cm. Pola ini dapat anda buat dalam beberapa lembar agar masker lebih aman saat dipakai di masa pandemi. Agar masker dari kain ini nyaman dipakai, buatlah bentuk v di bagian atas dan bawah.

Satukan setiap lembar kain katun yang telah dibentuk untuk menjadi sebuah masker, lalu jahit pula bagian atas dan bawah yang berbentuk V. Beberapa sisi lebihan di atas, bawah, kanan, dan kiri merupakan bagian penting untuk dijahit. Jangan lupa untuk menyisakan bagian samping agar dapat disisipi tali sebagai pengait di telinga atau belakang kepala. Anda dapat membuat masker untuk model hijab ataupun masker dengan model konvensional.

Tahap akhir dari pengerjaan masker ini adalah melipat bagian samping ke arah tengah dan jahit dengan rapi. Setelah itu, siapkan di bagian ujung untuk tempat tali lalu masukkan tali dengan ukuran yang menyesuaikan bentuk wajah anda. Ikat tali tersebut agar dapat anda pakai dan lakukan hal serupa di bagian lainnya. Tingginya harga masker dapat diatasi dengan masker kain yang dibuat sendiri, seperti kain katun yang telah tidak dipakai.

Masa pandemi yang menyerang Indonesia sejak bulan Maret lalu membuat kelangkaan masker bedah, sehingga APD untuk petugas medis pun sangat minim. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia dihimbau untuk memilih alternatif lain dalam hal masker. Masker dari bahan kain dinilai efektif mencegah virus, sehingga untuk anda. Membuat masker dari kain katun ini sangat mudah, serta dapat menyesuaikan bentuk muka anda.